Senin, 25 Juni 2018

12 PELUANG KERJA LULUSAN PSIKOLOGI PALING DI MINATI



Berhubung akhir-akhir ini tim Catatan Psikologi sering mendapat pertanyaan mengenai peluang kerja lulusan Psikologi itu bisa kerja di mana saja? Nah sekarang kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan membuat tulisan ini. Selamat membaca ya teman-teman “12 peluang kerja mahasiswa Psikologi”.

1. Human Resources Development (HRD)
Hampir semua perusahaan membutuhkan HRD. Entah itu dari perusahaan kecil sampai perusahaan yang multinasional. Dari pemerintahan maupun swasta. Bidang pekerjaanya adalah mengelola sumber daya manusia yang ada di perusahaan. HRD terbagi lagi menjadi beberapa bidang, seperti : HR Operation, Compensation and Benefit, Recruitment, Organization Development, Training and Development.


2. Psikolog Forensik
Biasanya bertugas di wilayah hukum, misalnya membantu dalam penyelidikan sebuah kasus yang spesifik seperti kriminal. Pekerjaan ini membutuhkan analisa yang mendalam karena berkaitan dengan penyidikan sebuah kasus seperti mempelajari pola dan perilaku manusia.

3. Psikolog Klinis
Bertugas membantu individu dari gangguan mental yang di alami, seperti : kecemasan, phobia, gangguan kepribadian, psikotik sampai skizoprenia. Tempat kerja bisa di rumah sakit ataupun membuka praktik sendiri seperti dokter pada umumnya.


4. Psikolog Olahraga
Untuk diluar negeri memang sudah menjadi sebuah pekerjaan yang umum. Akan tetapi, di Indonesia juga sudah mulai berkembang. Ranah kerja diantaranya adalah untuk membantu performance dari altet dari sisi psikologi, memberikan motivasi seperti halnya meningkatkan tingkat kepercayaan diri, mengurangi hambatan diri serta memberikan treatment ketika atlet cedera.

5. Guru Bimbingan Konseling
Jika anda minat untuk menjadi seorang guru maka yang cocok untuk lulusan psikologi adalah menjadi guru bimbingan konseling. Tugas dari seorang guru bimbingan konseling adalah memberikan bimbingan dan konseling dengan anak yang berkaitan dengan masalah anak di sekolah, seperti : hambatan belajar ataupun untuk memaksimalkan potensi anak di sekolah.

6. Dosen Psikologi
Jika anda meneruskan ke S2 maka anda memiliki peluang untuk menjadi seorang dosen. Menjadi seorang dosen untuk sekarang memang di syaratkan yang sudah lulus S2. Untuk menjadi dosen pun banyak pilihannya. Bisa di bidang sosial, perkembangan, klinis, perilaku industri, umum.


7. Peneliti
Baik lulusan S1 ataupun S2, banyak lowongan yang membutuhkan seorang peneliti di perusahaan besar. Adapun lembaga penelitian yang sudah terkenal di Indonesia yaitu LIPI. Bisa juga menjadi peneliti di LSM ataupun di pemerintahan yang biasanya berkaitan dengan kajian kebijakan public dan jika di perusahaan biasanya berkaitan dengan kepuasan pelanggan..

8. Penulis buku
Pekerjaan ini tidak bisa dipandang sebelah mata, coba lihat di toko buku semisal Gramedia, untuk buku yang berkaitan dengan psikologi sangat banyak dan biasanya ditempatkan tersendiri.

9. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus
Saat ini yang paling banyak di Indonesia adalah terapis untuk anak Autis. Jumlah anak Autis tidak sebanding dengan jumlah terapis yang lulusan psikologi. Terapis ini kerjasama dengan lembaga atau anda bekerja pada sekolah anak berkebutuhan khusus.

10. Trainer
Jika menyukai yang berkaitan dengan pelatihan, pekerjaan menjadi trainer bisa di coba. Trainer disini bisa ikut lembaga training ataupun branding secara personal. Jika ikut lembaga, biasanya training berkaitan dengan motivasi, pengembangan diri, outbond untuk kelompok ataupun organisasi. Namun jika menjadi trainer brand personal bisa mengambil kelas khusus atau sertifikasi yang menjadi passion anda. Misalnya yang lagi naik daun yaitu Hipnotis, Hipnoterasi atau NLP.


11. Pekerja sosial
Untuk jenis pekerjaan ini diperlukan orang yang memiliki passion sosial dan semangat melayani yang tinggi. Relawan ini dapat bekerja di LSM atau NGO yang menjamur di Indonesia. Baik yang berkaitan dengan masalah sosial ataupun penyakit ataupun gangguan jiwa

12. Guru PAUD, TK dan SD
Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru bahwa salah satu kualifikasi untuk Guru PAUD, TK dan SD salah satunya adalah dari jurusan Psikologi dari program studi yang sudah terakreditasi. Ini menjadi sebuah alternatif, jika setelah lulus ingin mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar