Kamis, 15 Februari 2018

KISAH HIDUP JACK MA


Jack Ma, lahir pada 10 September 1964 di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, seorang anak yang terlahir dari keluarga yang sederhana.

Orang tuanya adalah pemusik dan pendongeng tradisional, ayahnya hanya mendapatkan tunjangan pensiunan bulanan sebesar sekitar Rp 500.000 untuk menghidupi keluarganya


Saat memasuki sekolah, sejak SD sampai SMA, Jack di tolak di beberapa sekolah, Jack perlu berkali-kali tes karena tidak hebat secara akademis. Bahkan sejak sekolah dasar, dia sudah menerima penolakan karena ujian matematikanya yang tak begitu baik. Tapi Jack bertahan dan melaluinya.

Sejak usia 12 hingga 20 tahun, dia mengendarai sepedanya selama 40 menit ke hotel di mana dia dapat belajar bahasa Inggris

Pernah gagal masuk universitas ternama, ia kuliah setara program D-3 di Sastra Inggris, di Hangzhou. Ketika KFC membuka cabang di Hangzhou, Jack melamar. Dari 24 pelamar, 23 orang yang di terima dan hanya dia hanya dia yang di tolak.

Ia juga di tolak menjadi polisi. Bahkan 30 perusahaan ia lamar namun semua perusahaan tersebut menolak lamarannya hal itulah yang membuat ia berubah haluan menjadi guru bahasa inggris dikarenakan ia fasih dalam berbahasa inggris selain bahasa mandarin. ”Kegagalan dan penolakan menjadi bagian perjalanan hidup saya,” katanya.

Kemampuan bahasa Inggris memberi Jack kesempatan berkunjung ke Amerika Serikat di tahun 1995. Ketika itu, ia diminta menjelajahi dunia lewat internet yang baru muncul. Jack tetap diyakinkan untuk mencoba. Ketika saya mencari bir di internet.

Saya menemukan produk bir dari sejumlah negara, tetapi tak satu pun asal Tiongkok. Dia pun terinspirasi membuatkan situs berisi informasi produk-produk buatan Tiongkok. Bersama rekannya, ia merintis situs bernama Alibaba, yang mempertemukan pembeli dan penjual produk di seluruh dunia. Ia terinspirasi situs Amazon.

Belajar dari situs lelang e-Bay, ia mendirikan Taobao. Pengaruh Google menginspirasinya menciptakan mesin pencari berbahasa Mandarin.


Pada Agustus 2014, Jack Ma sebenarnya telah menyandang gelar sebagai miliarder terkaya di China. Berkat nilai saham yang melonjak hingga 38 persen, harta kekayaan Ma kini bertambah hingga menjadi US$ 26,5 miliar.

Dia menjadi orang terkaya di China dan menempati posisi ke-23 di jajaran miliarder dunia. Dia merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Dia merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia. Pada 2015, ia masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22.

Sekarang giliran Anda, sudah berapa kali Anda gagal? Sudah berapa kali Anda mengalami penolakan? Apakah Anda sekarang menyerah untuk mewujudkan impian-impian Anda?

0 komentar:

Posting Komentar